Fakta Tersembunyi Gumuk Pasir Parangkusumo Yogyakarta

Yogyakarta, ­rasanya tidak pernah habis misteri yang ada di Kota Jogja ini.

Gumuk Pasir Parangkusumo sudah tidak asin lagi ditelinga kita. Hamparan Padang Pasir yang luas menjadi gambaran pertama ketika mendengar Kata Gumuk Pasir ini.  Sudah banyak anak-anak muda yang datang kesini dan menyaksikan sendiri betapa mengagumkannya Gumuk Pasir Parangkusumo yang berada di Yogyakarta.

 

 

IMG_9269

Gumuk Pasir Parangkusumo

Bicara tentang Gumuk Pasir, ternyata ada bermacam-macam lho jenis gumuk pasir berdasarkan cara terbentuknya, dan Faktanya ternyata Gumuk Pasir yang berada di Ujung Selatan kota Yogyakarta ini merupakan Gumuk Pasir jenis ” Barchan “.

Apa itu? baik mimin jelaskan..

jadi, Gumuk Pasir tipe Barchan  adalah Gumuk Pasir yang memiliki ketinggian 5-15 Meter. dengan ketinggian segitu tidak heran tempat ini digunakan untuk “Sand Boarding ” yang juga cukup terkenal dan sudah berjalan cukup lama disini. Kemudian, Gumuk Pasir tipe Barchan ini terbentuk dari hasil Erupsi Gunung Berapi( Gunung Merapi) yang mengendap di 2 Sungai besar yang BerMuara di tepi Pantai Selatan yaitu Sungai Opak dan Sungai Progo . Hingga akhirnya kemudian Angin laut yang berasal dari Samudera Hindia lah yang membawa pasir itu hingga Menumpuk di tempat yang sekarang menjadi Gumuk Pasir yang terkenal ini.

Wow ! ternyata seru ya mengetahui Fakta mengapa sekarang terdapat Tulisan Gumuk Pasir “Barchan” di Gumuk Pasir yang terletak di Parangkusumo ini?

Masih Banyak Fakta lain di Gumuk Pasir ini, seperti Fakta Bahwa Gumuk Pasir ini sudah sering dibuat Shooting Video Clip Artis-artis besar tanah air, sering dibuat tempat Prewed, dan juga satu-satunya Gumuk Pasir di Asia Tenggara yang digunakan untuk kegiatan ” Sand Boarding”.

Kota Jogja memiliki Wisata Jogja yang sangat banyak, biaya wisata di jogja sangat murah. begitu juga hotel jogja dan pantai yogyakarta

Tertarik?

Kasih tahu temanmu tentang info ini..

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *